Warung Bebas

Selasa, 23 Agustus 2011

Pura Besakih Terbesar DiBali

PURA AGUNG BESAKIH


Bali dikenal sebagai pulau seribu pura karena di pulau ini terdapat sekitar 11.000 pura, konon di beberapa daerah jumlah pura lebih banyak dari pada jumlah penduduknya. Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali..


Pura Besakih ini adalah Pura terbesar yang terdapat di bali yang di anggap sebagai pura induk di bali.. Pura Besakih ini terletak di Kaki Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali yang di anggap oleh penduduk masyarakat setempat sebagai gunung suci


Pada 17 Maret 1963 Gunung agung pernah meletus, dan menewaskan sekitar 1000 penduduk tapi anehnya Pura Besakih yang hanya berjarak 1Km dari gunung agung ini tidak tersentuh oleh musibah ini.


PETA PURA BESAKIH





Pura Besakih ini terdiri dari 22 bagunan pura. Para peneliti memperkirakan pembangunan pura ini memakan waktu selama 1000 tahun hingga berbentuk sempurna seperti sekarang ini. hal ini didasari atas sejarah peninggalan masa lalu seperti menhir, tahta batu, dan struktur teras yang berbentuk piramid.


Pura Besakih ini di bangun dengan konsep Tri Hirta Karana, yaitu konsep keseimbangan antara manusia, alam dan tuhan. selain itu penataan pura disesuaikan dengan arah mata angin agar struktur bangunanya dapat mewakili alam sebagai simbolisme adanya keseimbangan tersebut.


Di kompleks Pura Besakih ini kerap di adakan upacara agama Hindu yang mencapai puncaknya perayaan tiap seratus tahun pura besakih yang disebut ekadasa rudra. selain itu agan2 juga dapat mendaki gunug agung yang letaknya berdekatan dari Pura Besakih.
Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:




Spoiler for pura besakih:


AKSES MENUJU PURA BESAKIH




Untuk menuju Pura Besakih ini agan2 bisa berangkat dari denpasar menuju arah karangasem dengan menggunakan mobil atau kendaraan lain, untuk menggunakan angkot ke pura ini hanya terdapat di daerah klungkung menuju Pura Besakih dengan biaya Rp.5000. setelah sampai di desa Besakih agan2 bisa jalan kaki 1Km menuju pintu gerbang Pura Besakih ini.
HARGA TIKET MASUK PURA BESAKIH




agan2 untuk dapat masuk ke area pura ini dikenakan biaya sebesar Rp.7000/orang apabila agan2 membawa mobil dikenakan biaya Rp.3000 untuk biaya parkir.
AKOMODASI DAN FASILITAS PURA BESAKIH




agan2 yang memerlukan sarung bali untuk persyaratan masuk ke Pura Besakih ini dapat menyewa Rp.3000 - Rp.5000 per sarung. jika agan2 mau di temani oleh pemandu wisata agan2 dapat menyewa pemandu sebesar Rp.10.000. Selain itu di areal Pura Besakih ini terdapat kios kios yang menjual kerajinan maupun cendramata. apabila agan2 mau menginap atau membutuhkan makanan, disekitar lokasi terdapat losmen untuk disewa dan juga banyak terdapat rumah makan.
Quote:
Pesan TS : buat aganwati yang lagi haid sebaiknya tidak memasuki lingkungan Pura Besakih ini, karena di pura ini memiliki larangan bagi yang haid, selain itu buat agan2 yang muslim dan ingin makan untuk melihat terlebih dahulu apakah makanan itu halal atau tidak.












sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9062124

0 komentar em “Pura Besakih Terbesar DiBali”

Poskan Komentar

 

berita aneh Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger