Warung Bebas

Selasa, 08 November 2011

Inilah Jubah Hilang Buatan Para Ilmuwan

Jubah hilang yang telah lama dikembangkan dan ditunggu-tunggu banyak orang kini telah selesai. Berkat jubah ini, benda akan menghilang dari pandangan kita. Seperti apa?

Perangkat jubah dari bermacam jenis telah ‘didemonstrasikan’ di segala benda, mulai dari jubah musim dingin hingga tank namun hasil saat itu tak memuaskan.

Kini sebuah video menampilkan jubah hilang itu berhasil memukau banyak orang.‘Perangkat jubah’ yang ada memanfaatkan fenomenapembelokan cahaya’ atau lebih dikenal dengan fatamorgana.

Namun jubah baru ini memanfaatkan filament karbon yang dipanaskan dan efek yang timbul dikenal sebagai ‘defleksi fotothermal’. Efek tersebut bekerja dengan ‘membelokkan’ cahaya menjauhi permukaan mata. Hal ini serupa saat udara panas di atas permukaan ‘memantulkan’ gambar berair di langit.

Menurut peneliti dalam jurnal Nanotechnology, nanotuba karbon bisa dipanaskan dengan sangat cepat dan menciptakan ‘gradien panas’ tajam serupa lapiran udara panas di tanah.

“Kemampuan transfer panas yang sangat tinggi dari lembaran nanotuba karbon ini memungkinkan terjadinya modulasi frekuensi tinggi lembar suhu melebihi batas. Alhasil, nanotuba ini bisa digunakan membuat jubah hilang yang bisa dinyalakan tiap saat,” ungkap peneliti di University of Dallas seperti dilaporkan DM.

Nanotuba karbon merupakan karbon buatan tangan yang berbentuk ‘seperti rambut’.

0 komentar em “Inilah Jubah Hilang Buatan Para Ilmuwan”

Poskan Komentar

 

berita aneh Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger