Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia

Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia - Hallo sahabat berita aneh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah Hidup manusia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia
link : Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia

Baca juga


Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia

Kata alphabet berasal dari alpha dan beta, dua huruf pertama sistem penulisan bangsa Yunani. Alphabet yg kita kenal sekarang ini pertama sekali dikembangkan oleh bangsa Mesir kuno. Sistem penulisan mereka disebut hieroglyphyc, yg artinya tulisan para pemuka agama. Dalam sistem ini lambang/gambar dipergunakan untuk menyatakan objek/ode-ide. Selanjutnya bangsa Mesir juga menggunakan lambang/simbol untuk menyatakan sebuah huruf, contohnya : air disebut nu, dan dinyatakan dengan lambang riak/gelombang. Selanjutnya mereka menggunakan lambang ini untuk lambang bunyi suara n, yakni bunyi huruf pertama dari kata (dalam bahsa mereka) untuk menyatakan air.Setelah masa itu datanglah bangsa Phonecia, yg mengembangkan sistem alphabet yg sebenarnya,dimana huruf-huruf dipergunakan sebagai lambang bunyi. Huruf-huruf tersebut kebanyakan diambil dari huruf Mesir, tetapi beberapa diantaranya berbeda. Kemungkinan perbedaan ini diambil dari sistem penulisan bangsa Syira.Sistem alphabet bangsa Phonecia memiliki 19 huruf dan tidak memiliki huruf hidup. 


hieroglyphic

Sejumlah besar bangsa-bangsa, termasuk bangsa Yunani mengadopsi sistem alphabet Phonecia. Bangsa Yunani membuat beberapa perubahan dan menambahkan sejumlah huruf vokal kedalamnya. Sistem alphabet Yunani ini memiliki 24 huruf. Beberapa (lambang) huruf diantaranya sama seperti yg kita pergunakan sekarang, misalnya huruf N (Nu) dan O(Omicron). Setelah bangsa Yunani selesai mengembangkan sistem alphabetnya. bangsa Romawi mengadopsinya. Mereka juga membuat beberapa perubahan. Mereka menambah & menghapuskan beberapa huruf dan mengubahnya dengan bentuk huruf yg berbeda. Alphabet Romawi terdiri atas 23 huruf,3 huruf U,W dan J yg ditemui dalam sistem alphabet kita merupakan tambahan. Huruf U dan W dibuat dari huruf Romawi V-yg melambangkan bunyi dari kedua suara tersebut, dan J dari huruf Romawi I. Romawi menaklukan banyak negara dan
oleh karena itulah metode penulisan mereka tersebar luas. sampai kenegara kita sekarang ini



alphabet evolution

Sumber Artikel: http://www.didunia.net/2012/06/sejarah-awal-huruf-alphabet-di-dunia.html#ixzz27pDFHjjE


Demikianlah Artikel Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia

Sekianlah artikel Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia dengan alamat link http://beritaaneh13.blogspot.com/2012/09/sejarah-awal-huruf-alphabet-di-dunia.html

0 Response to "Sejarah Awal Huruf Alphabet Di Dunia "

Poskan Komentar