10 Hewan yang Terancam Punah

10 Hewan yang Terancam Punah - Hallo sahabat berita aneh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Hewan yang Terancam Punah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel sekitar kita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Hewan yang Terancam Punah
link : 10 Hewan yang Terancam Punah

Baca juga


10 Hewan yang Terancam Punah


Berikut ini adalah 10 hewan yang kehidupannya terancam punah. Kepunahan hewan-hewan tersebut diantaranya karena ulah manusia dengan memburunya untuk mendapat keuntungan komersial yang hasilnya tidak seberapa apabila dibandingkan kita harus kehilangan hewan-hewan tersebut. Sudah saatnya kita menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan hewan-hewan yang mulai langka ini, agar generasi mendatang tetap dapat melihatnya dengan langsung tidak melalui gambar.
10 hewan yang terancam punah

10. Monarch Danaides

Monarch Danaides adalah jenis kupu-kupu dari keluarga nimfalid. Salah satu kupu-kupu yang paling terkenal di Amerika Utara. Di abad XIX perwakilan dari spesies ini ditemukan di Selandia Baru dan Australia. Untuk mempertahankan populasi kupu-kupu yang indah ini, usaha yang perlu dilakukan adalah melestarikan pohon cemara gunung dan hutan pinus di Meksiko sebagai habitat Monarch Danaides.
Monarch Danaides

9. Tuna Sirip Biru

Tuna sirip biru berasal dari famili Srombidae. Mereka adalah perenang handal dengan kecepatan 77 km/jam. Tuna sirip biru tidak memiliki daging berwarna putih melainkan merah dan merah muda, yang banyak mengandung myoglobin. Tuna sirip biru dengan ukuran otot yang besar, memiliki nilai komersial yang tinggi dan sangat mahal. Di Jepang seekor tuna sirip biru dijual 736.000 dolar. Untuk alasan ini populasi ikan tuna sirip biru sepanjang waktu semakin berkurang.
Tuna Sirip Biru

8. Penyu Belimbing

Penyu belimbing berasal dari famili Dermochelyidae, yang anggotanya adalah yang terbesar di kura-kura modern. Panjang tubuh hingga 2 meter dengan berat mencapai 600 kg dan memiliki tulang punggung yang indah. Di Pasifik hanya ada 2300 penyu betina. Populasi penyu Belimbing terancam punah karena perburuan dan pencemaran laut.
Penyu belimbing

7. Panda Besar

Beruang Bambu berasal dari famili Ursidae dan termasuk hewan mamalia. Panda besar merupakan hewan endemik dari China (Tiongkok). Panda besar menjadi simbol diplomatik negara Cina di tahun 70an. Kini, di alam liar, hanya ada 1600 ekor panda besar. Spesies panda terancam punah karena semakin berkurangnya habitat hidup mereka selain tingkat kelahiran yang rendah baik di alam maupun dalam penangkaran. Perlu dicatat bahwa di Cina, dikenakan hukuman mati bagi seseorang karena membunuh panda.
Panda Besar

6. Badak Jawa

Meskipun dinamakan Badak Jawa tetapi binatang mamalia ini tidak terbatas hanya hidup di pulau Jawa (Indonesia) saja. Populasi badak jawa sangat memprihatinkan, diperkirakan hanya terdapat 60 ekor badak jawa yang masih hidup di seluruh dunia. Sebagian besar hidup di Taman Nasional Ujung Kulon, Indonesia yaitu sekitar 40-50 ekor. Berbagai usaha dilakukan dari organisasi dunia seperti WWF, untuk melestarikan keberadaan badak jawa. Agar dimasa depan kita dapat melihat badak jawa secara langsung tidak dalam bentuk gambar.
Badak Jawa

5. Penguin Magellan

Penguin Magellan juga merupakan hewan yang mulai punah. Burung yang tidak bisa terbang ini masih satu kerabat dekat dengan Penguin Humboldt dan Penguin Galapagos. Penyebab berkurangnya penguin karena tumpahan minyak di pantai Argentina. Selain itu karena perubahan iklim yang memaksa penguin Magellan harus berenang lebih dari 40 km untuk menemukan makanan dan meninggalkan pasangan mereka di sarang dengan kelaparan.
Penguin Magellan

4. Gorila Gunung

gorila berasal dari famili Hominidae dan termasuk hewan genus monyet termasuk anggota terbesar dari primata terbesar. Gorila gunung termasuk hewan yang terancam punah, diperkirakan populasi gorila gunung tinggal 790 di seluruh dunia tahun 2010. Upaya konservasi dilakukan oleh WWF di Afrika dan menempatkan gorila gunung dalam Taman Nasional Mgahinga di Rwanda dan Taman Nasional Bwindi di Uganda serta Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo.
Gorila gunung

3. Walrus Pasifik

Walrus berasal dari famili Odobenidae dan termasuk hewan yang mudah dikenali dengan taring yang menonjol, kumis serta badan yang besar. Anjing laut dianggap sebagai spesies kunci atau ikon hewan yang hidup di ekosistem bersalju dan es, seperti di laut Arktik, kutub utara dan selatan, Greenland, pantai utara Alaska, pantai selatan Siberia. Populasi walrus semakin sedikit dan menyedihkan, diperkirakan tinggal 20.000 di seluruh dunia. Penyebab berkurangnya walrus adalah perburuan, predator, pemanasan global yang membuat es di kutub mencair. Ini adalah korban terbaru dari pemanasan global. Usaha yang dapat dilakukan manusia adalah menjaga bumi agar tidak cepat mengalami global warming sebab tidak ada es – tidak walrus.
Walrus Pasifik

2. Beruang Kutub

Nasib kehidupan beruang kutub hampir sama dengan anjing laut. Polar Bear digolongkan sebagai spesies yang rentan dan populasi semakin lama semakin menurun dan menjadi isu keprihatinan internasional. Diperkirakan hanya tinggal 25.000 beruang kutub di seluruh dunia. Beruang kutub termasuk hewan mamalia yang memiliki siklus hidup yang menarik, beruang kutub dikenal dengan hibernasinya. Yang sebenarnya mirip hibernasi, karena beruang tidak tidur terus menerus, namun melambatkan denyut nadi 46-27 denyut nadi per menit.
Beruang kutub

1. Harimau

Kucing besar ini merupakan hewan yang terancam punah. Harimau bearasal dari keluarga Felidae dan genus Panthera. Harimau tersebar di seluruh penjuru dunia dengan spesies yang berbeda-beda, penamaan spesies diberikan dimana harimau tersebut hidup dan berasal. Menurut WWF populasi harimau sekitar 3.900 harimau di seluruh dunia dan 1.400 diantaranya hidup di India. Kehidupan harimau terus mengalami kepunahan karena perburuan, habitat hidup yang berkurang. Upaya konservasi, penangkaran dilakukan dengan menjaga habitatnya diantaranya dengan Taman Nasional diberbagai negara.
Harimau

Read more http://top10.web.id/dunia-binatang/10-hewan-yang-terancam-punah


Demikianlah Artikel 10 Hewan yang Terancam Punah

Sekianlah artikel 10 Hewan yang Terancam Punah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 Hewan yang Terancam Punah dengan alamat link http://beritaaneh13.blogspot.com/2012/10/10-hewan-yang-terancam-punah.html

0 Response to "10 Hewan yang Terancam Punah"

Poskan Komentar