Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong

Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong - Hallo sahabat berita aneh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel opini, Artikel pariwisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong
link : Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong

Baca juga


Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong

Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong . Ini adalah salah satu tempat wisata alternatif jika anda ingin berwisata sambil mengenang sejarah perjuangan bangsa ini , kita bisa wisata sambil belajar sejarah . 




Benteng ini merupakan peninggalan pemerintahan hindia-belanda , yang berada di Kompleks Secata A ( Sekolah Calon Tamtama A ) Gombong beralamat di jalan Sapta Marga Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sekitar kurang lebih 140 km dari yogyakarta , untuk mencapai benteng ini tidaklah sulit karena letaknya hanya 1km dari jalan utama dan dilengkapi dengan penunjuk jalan yang sangat jelas .

Benteng Van der wijck yang dibangun pada tahun 1818 ini berfungsi sebagai tempat pertahanan bangsa belanda pada zaman penjajahan dulu .Benteng ini berbentuk segi delapan memiliki dua lantai benteng ini seluruh temboknya terbuat dari batu bata merah dan benteng ini memiliki ciri – ciri khusus yang berbeda dengan benteng – benteng lain peninggalan Belanda di Indonesia. Di Benteng van der wijck inilah Soeharto mantan Presiden Indonesia ke 2 pernah di latih kemiliteranya.

Benteng ini memiliki tinggi 10 meter, setebal 1,4 meter, dan seluas 7.168 meter persegi itu dibangun dua lantai. Lantai pertama mempunyai empat pintu gerbang. Di dalamnya terdapat 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil. Juga ada 72 jendela dan delapan tangga untuk menuju lantai dua, yang memiliki 16 ruangan besar dan 25 ruangan besar.

Awalnya Benteng Van Der Wijck adalah milik TNI, tetapi pada tahun 1998 benteng ini diserahkan untuk dikelola oleh pihak swasta. Pada tahun 2000, benteng ini direnovasi dan dibangun sarana permainan anak-anak, gedung pertemuan, dan hotel. Barak-barak tentara dibangun menjadi hotel-hotel tanpa mengubah bentuk aslinya karena pihak TNI tidak memperbolehkan untuk mengubah bentuk asli dari benteng tersebut. Namun, hotel yang terdapat didalam benteng ini tidak dibuka untuk umum, kecuali pada Tahun Baru atau Lebaran. Benteng ini sering digunakan untuk seminar, diklat, acara wedding juga bisa dilakukan di gedung pertemuan. 
Di dalam benteng ini banyak terdapat foto-foto tentang sejarah benteng ini pada masa lalu , didepan benteng terdapat beberapa tank-tank masa lalu yang di pajang di sekitar benteng ,
sedang di atap benteng terdapat wahana permainan kereta yang berjalan di atap benteng ,
Banyak sekali pilihan wahana permainan anak-anak tersedia di benteng van der wijck seperti kolam renang , atv , kereta delman , becak air , kolam renang dan masih banyak lainnya .
Menurut saya lokasi wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena harga tiket masuknya yang snagt terjangkau hanya Rp 4000 dan Rp 5000 pada hari libur sangat terjangkau bukan .

Jika anda selesai berwisata dan ingin mencari oleh-oleh anda tidak perlu bingung karena disekitar benteng banyak pedagang oleh-oleh khas kebumen .
 
 


Demikianlah Artikel Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong

Sekianlah artikel Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong dengan alamat link http://beritaaneh13.blogspot.com/2012/11/wisata-ke-benteng-van-der-wijck-gombong.html

0 Response to "Wisata ke Benteng Van Der Wijck Gombong"

Poskan Komentar